Panduan tepat cara modifikasi motor agar tarikan mesin enteng

sejarah yamaha force-one lengkap dengan tahun pengeluarannya

halo... sobat motorlosari.com berjumpa lagi dengan saya, di sini saya akan menuliskan artikel tentang sejarah dan spesifikasi motor force-one. siapa yang tak kenal dengan motor ini, motor force-one adalah jenis motor yang sering di rombak dalam ajang kejuaraan international.


Berikut ini adalah sejarah motor yamaha force-one

Inilah sejarah motor yamaha force-one yang pernah menjuarai ajang balap nasional pada masa itu,yamaha force-one adalah penerus motor yamaha alfa yang di keluarkan pada tahun 1980 akhir dan beredar hingga tahun 1992.pada tahun 1992 ini yamaha mengeluarkan motor force-one yang mengunakan rem tromol pada rem belakang dan depan.Yamaha force-one adalah mesin pertama yang mengunakan spesifikasi YPCS ( Yamaha Performance Cooling System ). YPCS adalah pendingin yang mengandalkan udara dari luar di sedot kedalam berfungsi untuk mendinginkan mesin dan menjaga kestabilan mesin. Dan menjaga ke stabilan performa mesin saat panas.

sejarah force-one 2 tak


sebetulnya teknologi seperti ini di miliki oleh zuzuki seriesnya yang namanya zuzuki jet coolet dengan perbedaan yaitu suzuki ada tambahan berupa nozle untuk menyemprotkan oli ke bagian blok mesin. Pada generasi Force-one ini berumur dari tahun 1992 hingga tahun 1994 dan pada tahun 1994 ini difaclift dan namanya di ganti menjadi Force 1Z ( F1Z ). Dari bentuk tidak ada perubahan yang mencolok dari generasi Force 1 hanya ada upgrade pada bagian rem depan sudah cakram.
sejarah force-one 2 tak

Hingga tahun 1996 yamaha masih menjual F1Z belum ada perubahan pada bagian mesin dan juga bentuk hanya ada penambahan type special edition saja pada waktu itu. Pada model special edition ini ada beberapa penambahan yakni pada behel belakang ada lampu dan juga penambahan crome pada beberapa bagian tertentu. Generasi terakhir ini sudah mengadopsi transmisi “full clutch”.


Dan pada tahun 1997 inilah kemunculan atau waktu lahirnya generasi F1ZR yang sudah di bekali dengan “manual clutch” akan tetapi koplingnya masih semi otomatis pada waktu itu banyak orang bilang kopling banci. Nah di tahun 2000 nich setelah yamaha berubah menjadi PT. YIMM ( Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ).

Inilah  spesifikasi mesin yamaha force-one

Tipe  : 2-stroke, silinder tunggal 110,4cc . Bore x Stroke  : 52,0 x 52,0 mm .Kompresi  : 7,1 : 1 . Transmisi  : Manual, wet multi-plate clutch, 4 speed dengan pola N-1-2-3-4 . Karburator  : VM 20 X 1 MIKUNI Kapasitas Oli  : 1,2 lt . Sistem Pelumasan 2-Tak: Yamaha AutoLube . Aki  : GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Busi  : BP 7 HS-10/W 22 FP-10 . Sistem Pengapian  : CDI . Sasis . Berat Kosong  : 95 kg . Tipe Sasis  : Pipa . Kapasitas BBM  : 4,5 liter . Wheelbase  : 1.190 mm . Ground Clearance  : 135 mm
Tinggi tempat duduk  : 750 mm . Suspensi/ Ban . Suspensi depan  : Teleskopik . Ban Belakang  : 2.75-17-4 PR . Ban Depan  : 2.50-17-4 PR . Performance . Dimension (LxWxH)  : 1.870 x 670 x 1.040 mm . Starter  : Kick & Electric . Maximum Power  : 11.8 dk / 7500 rpm . Maximum Torque  : 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Sistem Pengereman . Rem Depan  : cakram . Rem Belakang  : Tromol.

tag:sejarah yamaha force-one

Artikel Cara Modifikasi Motor Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel

Copyright © 2015 Cara Modifikasi Motor | Design by Bamz