Wednesday, August 8, 2012

Ukuran Setelan Klep Motor Satria F 150

Cara Setel Klep Motor Satria F150 - Sama seperti sepeda motor kebanyakan untuk melihat saat pengapian motor bisa dengan membuka tutup di blok magnet. Intip dari blok magnet tersebut sambil putar pelan-pelan stater hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.

Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as dan ukur jarak kerengangannya.

Ukuran Celah Katup atau klep Satria F 150

Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in 0.20-0.30 untuk klep ex. Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya.

Kalo sudah sesuai tinggal lepas noken as nya dan lepas rumah untuk shim. Selanjutnya yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh. Periksa angka yang tercetak pada shim yang menunjukkan ketebalan shim.

Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai. Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.

Selamat mencoba, ..perhatian jangan menyetel sendiri celah klep motor ya, bawa ke bengkel motor untuk setel celah klep motor.

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon