Sunday, October 28, 2012

Akibat atau Dampak Kerusakan Dinamo Amper pada Mobil

Motorlosari.com, Berita Seputar Otomotif, Perawatan Mobil -  Perlu anda ketahui bahwa dalam sistem kelistrikan yang ada di mobil, alternator merupakan pembangkit listrik yang utama. Fungsinya sendiri merupakan sebuah sistem yang menghasilkan energi listrik dan menyuplai energi listrik selama mesin mobil sedang dalam keadaan aktif. Dan tentunya aki merupakan alat pembangkit energi saat starter mobil dinyalakan,  dan ketika alternator mengalami kerusakan, maka aki akan secara otomatis berperan sebagai sumber listrik utama sehingga bisa mengakibatkan aki menjadi Tekor. dan dalam sistem kelistrikan pada mobil, alternator memiliki tegangan yang tentunya lebih tinggi daripada yang dimiliki oleh aki. Akibat dari kerusakan alternator ini terlihat pada fungsi baterai atau aki dalam menyediakan energi listrik.

Akibat atau Dampak Kerusakan Dinamo Amper pada Mobil

Akibat atau Dampak Kerusakan Dinamo Amper pada Mobil
Gambar alternator mobil Hyundai

Apa tandanya jika alternator dalam masalah?

Jika alternator mengalami gangguan atau kerusakan atau tidak ngisi, maka akan terlihat dari Lampu CHG yang akan nyala terus dan Fungsi alternator untuk menghasilkan energi listrik dari putaran mesin untuk disimpan di Aki, maka akibatnya jika Alternator rusak adalah mobil jadi tidak bisa di starter karena kelistrikan yang ada di Aki tidak memenuhi kapasitas dynamo starter (Aki Tekor)

Maka bagi anda yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai lupa mematikan semua kelistrikan yang masih menyala disaat mobil ditinggal, contohnya lampu dalam mobil, tape, dan lampu luar ketika mobil ditinggal, bisa-bisa aki akan drop jika anda lupa mematikanya, dan solusinya harus di jumper dan segera bawa ke tukang aki untuk di charge atau ganti dengan aki yang baru saja.

Berikut ini kemungkinan masalah seputar Alternator

1. Belt alternator kendor atau sudah aus. Belt harus dikencangkan atau perlu diganti dengan yang baru
2. Kumparan kabel alternator terkelupas atau putus
3. Alternator telah rusak sehingga sudah saatnya diganti tetapi bisa juga kok diperbaiki
4. Regulator tegangan rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan yang ini musti di ganti
5. Tentang Bunyi Alternator berisik bisa di sebabkan oleh; Belt alternator kendor atau aus atau kering sehingga perlu dikencangkan atau malah harus diganti, Bearing alternator sudah aus atau bagian lain alternator ada yang rusak sehingga harus diganti secepatnya, Dudukan alternator kendor sehingga baut dudukannya harus dikencangkan

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon