Wednesday, December 12, 2012

Cara Mengatasi Central Lock Mobil Toyota Avanza Macet Dan Analisa Kerusakan Central Lock

Motorlosari.com, Berita Seputar Otomotif, Cara Analisa Kerusakan Central Lock Mobil Avanza Lama - Bagi anda yang memiliki pengalaman mengenai Central lock pintu mobil avanza anda tidak bekerja secara maksimal ketika menggunakan remote, tetapi pada lampu blink dan sirine berbunyi ketika tombol remote untuk membuka dan menutup pintu mobil di tekan, Dan sebenarnya apa masalahnya? Dan itu pertanyaan dan bagaimana menganalisa kerusakan secara keseluruhan yang terjadi pada central door lock yang sudah terintegrasi dengan remote, komponen mana yang tidak bekerja. Ketika tombol remote untuk buka tutup pintu di tekan lampu blink  atau sein nyala, suara atau bunyi alarm juga terdengar,tetapi central door lock tidak bekerja atau macet.

Berikut adalah cara mengatasi central lock mobil toyota avanza macet dan analisa kerusakan central lock

Central Lock Mobil Toyota Avanza Macet
Central Lock Mobil Toyota Avanza

1. Memeriksa secara manual

Periksalah terlebih dahulu secara manual, dan apakah lock pintu bekerja dengan cara manual tanpa remote, jika tidak bekerja coba cek sekring pada central door lock yang berada di samping pedal gas terdapat rumah sekring central door lock, Dan untuk Mobil toyota avanza yang lama sekring door lock atau sekring lock pintu dengan kode D/L.

2. Memeriksa kelistrikan

Kemudian jika dengan cara yang manual tanpa menggunakan remote, dengan menarik tuas pada lock pintu ternyata central door lock bekerja tetapi dengan remote tidak mau bekerja, kemungkinan kerusakan terjadi di motor central lock atau modul remote yang tidak mengeluarkan tegangan listrik untuk menggerakkan motor central door lock.

Dan untuk lebih jelas anda bisa periksa apakah terdapat tegangan listrik di antara kedua kabel motor pada central lock ketika remote untuk buka ataupun tutup pintu di tekan. Dan jika terdapat perbedaan tegangan listrik tetapi motor central lock tidak bekerja maka artinya motor pada central lock anda telah rusak. Jika tidak terdapat perbedaan pada tegangan ketika tombol buka tutup pintu pada remote di tekan artinya relay di modul remote yang mengalami kerusakan.

Tetapi yang biasa terjadi pada komponen yang sering terjadi kerusakan adalah komponen beban, dalam hal ini adalah motor central lock itu sendiri, Dan gejala awal pun mudah untuk di amati, ketika tombol buka tutup pada pintu pada remote di tekan, Anda bisa rasakan terdapat getaran atau bunyi di pintu depan kanan mobil, tetapi central lock tidak bisa naik dan tidak bisa turun sehingga bisa dikatakan central lock macet.

3. Cara ganti motor central lock avanza lama

Okey, Setelah di ketahui sebab dari central lock macet dan tidak bekerja karena motor central lock yang telah rusak, selanjutnya adalah anda mengganti motor central lock tersebut. Mungkin tidak ada masalah jika ada motor central lock yang asli untuk Avanza yang berbentuk kotak seperti gambar di bawah, kita tinggal mengganti motornya.

Tetapi jika mengganti dengan motor lock pintu yang umum dan banyak di jual di toko sparepart, harus memodifikasi dengan sedikit memotong dan merubah lekukan kawat untuk mendorong dan menarik lock pintu serta mengganti pegangan motor locknya.

Gambar persis motor central lock silakan lihat di bawah ini tentang bagaimana bentuk kawat dan pegangan nya agar tidak perlu meraba atau memikirkan bagaimana bentuk kawat dan pegangan nya.

Untuk motor lock yang bisa digunakan untuk mengganti motor central lock pada Avanza ini bisa menggunakan motor untuk central atau motor untuk pintu bukan central. Beda antara motor lock untuk central dengan bukan central adalah dilihat dari jumlah kabel. Central lock mobil Avanza ini terpisah antara motor dengan saklar nya sehingga bisa digunakan motor lock dengan dua kabel.
Lihat Motor Lock Pintu 2 kabel dan 5 kabel.

Cara Mengatasi Central Lock Mobil Toyota Avanza Macet Dan Analisa Kerusakan Central Lock
Gambar persis motor central lock

Persiapan alat yang diperlukan untuk ganti motor central lock Avanza

1.Obeng Plus untuk buka dek pintu dan buka pasang motor lock
2.Kunci set bentuk L yang di pakai ukuran kecil untuk buka kancingan antara lock pintu dengan kawat motor lock.
3.Kunci 10 model T atau 10 biasa untuk buka baut pegangan motor lock lama dan pasang baut motor lock baru.
4.Kabel ties atau ikatan kabel untuk merapikan kembali kabel setelah perbaikan.

Sebelum ganti motor lock pintu, berikut cara melepas dek pintu depan kanan.

1.Turunkan Kaca Jendela melalui power window untuk memudahkan melepas dek pintu
2.Lepas tuas plastik untuk lock pintu dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam
3.Buka sekrup handle pintu
4.Buka Sekrup pemegang saklar power window
5.Buka segitiga penutup di balik spion
6.Buka kancingan dek pintu di bawah segitiga dibalik spion tadi cukup dengan menarik dek pintu dan kancingan plastik akan keluar, tidak perlu mencungkil pakai obeng karena malah bisa merusak bentuk kancingan plastik tersebut.
7.Melepas handle pintu bagian dalam dengan cara mendorong sedikit ke arah belakang dengan hati-hati
8.Setelah kancingan dan sekrup pemegang dek pintu serta handle pintu dilepas, selanjutnya menarik dek pintu dimulai dari bagian bawah dan dorong ke atas.

Cara Melepas Motor Central Lock

1.Setelah dek pintu terbuka,naikan kaca jendela melalui power window untuk memudahkan saat melepas motor lock.
2.Lepaskan soket power window agar dek pintu bisa terlepas seluruhnya dari pintu mobil.
3.Gunakan kunci L kecil untuk buka kancingan kawat motor lock dengan kawat lock pintu
4.Kendorkan dua baut ukuran 10 mm yang di gunakan untuk pegangan motor central lock,dimana kedua baut 10 ini yang satu untuk pegangan power window dan satunya untuk lock pintu.
5.Lepas soket kabel motor lock warna hijau dan biru
6.Buka motor lock yang rusak tadi

Cara Pasang Motor Central Lock Pada Mobil Avanza Lama

Setelah kawat dan pegangan motor lock di bentuk seperti gambar di atas, kemudian pasang motor central lock pada dudukan baut 10(lihat gambar di bawah) pasang pada satu baut sesuai baut yang ditunjukkan pada gambar dibawah dan pasang kawat pada kancingan lock pintu yang di pegang menggunakan kunci L ukuran kecil.

Tips pemasangan untuk menghindari agar tidak saling tarik antara lock pintu dan motor lock:

1.Tarik tuas lock pintu ke atas, begitu juga posisi kawat pada motor lock juga pada posisi tertarik ke atas.
2.Buat sedemikian rupa agar kancingan central lock(gambar bawah) berada pada lubang agar mudah pengencangan.
3.Kencangkan pegangan kawat dengan kunci L
4.Kencangkan Baut 10 pegangan motor central lock
5.Pasang kabel motor central lock dengan warna kabel yang sama yaitu hijau ketemu hijau dan kabel biru dengan biru.
6.Coba test kerja central lock melalui remote, setelah bekerja dengan baik,rapikan kabel dan ikat dengan kleman plastik atau cable ties.
Setelah semua proses penggantian motor central lock selesai dan motor central lock bekerja dengan baik,pasang kembali dek pintu.Semoga bermanfaat cara mengatasi central lock mobil toyota Avanza di atas.

tags: cara mengatasi central lock yang rusak, central lock door tidak bisa naik, memperbaiki remote central lock

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon