Thursday, February 25, 2016

3 Cara Mudah Membersihkan Kerak Sisa Pembakaran Pada Mesin Mobil

Motorlosari.com, Berita Seputar Otomotif, Cara Memebersihkan Kerak Mesin Mobil - Bagi anda pengguna roda empat perlu anda ketahui salah satu perawatan mesin yang sangat bermanfaat bagi anda, karena dengan perawatan ini maka anda akan memiliki mobil dengan tarikan enteng dan tidak nglitik saat gas spontan atau pada tanjakan.

proses pembakaran pada mesin mobil dan seiring dengan berjalannya waktu yang terus menerus maka tentunya ruang bakar pada mesin akan menjadi kotor dan mengakibatkan kerak dari sisa pembakaran yang bisa disebabkan dari kualitas bahan bakar yang kurang baik atau juga bisa dari pembakaran yang kurang sempurna. Tidak hanya itu saja penyebabnya, kerak pada ruang bakar mesin mobil juga bisa diakibatkan karena debu yang masuk pada ruang bakar, sehingga debu tersebut mengendap dan mengakibatkan ruang bakar pada mesin menjadi kotor dan berdebu sehingga menjadi kerak.

Dan masalah kerak yang ada pada mesin yang menumpuk ini bisa berakibat mesin tidak bekerja secara optimal yang ditandai dengan performa mesin menjadit tidak responsif, mesin menjadi ngelitik atau knocking pada saat tanjakan atau gas spontan, serta konsumsi bahan bakar yang menjadi boros. Jika hal tersebut mulai anda rasakan pada mobil anda, anda bisa mencoba dengan beberapa cara yang saya tuliskan di bawah ini.

Berikut adalah 3 Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Mobil

Menggunakan Penetran Pembersih (AMB Proclean)

3 Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Mobil
Proses Pembersihan dengan AMB Proclean

Perlu anda ketahui bahwa ada banyak sekali produk pembersih pada ruang bakar mesin mobil yang dapat anda gunakan dan bisa anda dapat di toko seperti Carbjet, DCS maupun AMB Proclean. Dengan produk berikut, maka kotoran yang ada pada ruang bakar seperti kerak mesin tersebut akan melunak dan luntur baru kemudian keluar dengan sendirinya, kalo saya menyarankan anda menggunakan produk AMB Proclean seperti gambar diatas, karena terlihat dalam percobaan dengan menggunakan piston yang di semprotkan cairan AMB Proclean sudah terlihat hasilnya dalam beberapa menit kerak karbon luntur dan mengelupas dengan sendirinya dan menjadikan piston menjadi bersih.

Dan cara penggunaannya tidak begitu rumit menurut saya, cukup mudah saja. hanya dengan menyalakan mesin mobil anda selama beberapa waktu, kemudian anda lakukan injakan pada pedal gas dan kemudian tahan putaran mesin pada angka kisaran 5000 rpm selama beberapa menit. Kemudian, anda akan terlihat kotoran karbon yang mulai keluar dari knalpot dan ruang bakar mesin mobil anda akan menjadi lebih bersih dari sebelum menggunakan cairan pembersih.

Servis Carbon Clean (Gurah Mesin)

3 Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Mobil
Servis Carbon Clean (Gurah Mesin)

Untuk menggunakan Cara ini biasanya sudah ada jasa yang memberikan pelayanan carbon clean (gurah mesin) di bengkel-bengkel mobil, karena cara ini menggunakan alat khusus seperti vacum karbon. jasa tersebut nantinya akan menggunakan sebuah cairan khusus yang dimasukkan melalui lubang busi dengan alat khusus untuk proses pembersihan karbon, dan cara ini biasa disebut gurah mesin karena proses yang dilakukan seperti gurah yang dilakukan pada manusia. Setelah beberapa waktu proses maka cairan tersebut akan disedot kembali dengan menggunakan alat vacum. Dan cairan yang disedot itu yang kemudian akan membawa kerak-kerak yang ada di dalam ruang pembakaran.

Bagi anggota komunitas mobil atoz juga memiliki bengkel gurah mesin langganan yang biasa sering di lakukan oleh bapak Heru dengan akun facebooknya adalah Bengkel Gurah mesin, bagi komunitas atoz yang lain bisa menghubungi jika minat untuk melakukan gurah mesin secara keseluruhan agar mesin dan tarikan enteng.

Menggunakan Injector Cleaner

3 Cara Mudah Membersihkan Kerak Pada Mesin Mobil

Pada cara ini merupakan cara yang paling simple dan mudah menurut saya, karena pada langkah pembersihan kerak karbon ini, anda hanya melakukan pengisian cairan pembersih (injector cleaner) pada tangki bensin mobil anda, dengan menggunakan cairan Injector Cleaner yang dimasukkan ke dalam tangki bensin. dan selanjutnya Cairan injector cleaner ini akan mengikuti alur proses pembakaran bensin dan secara langsung akan bercampur dan memebrsihkan kotoran yang tertinggal pada klep, injector, dan juga pada ruang pembakaran dan Setelah itu, kerak-kerak yang menempel pada piston dan sebagainya akan terbuang melalui saluran gas buang atau knalpot.

tag: otomotif

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon