Friday, April 15, 2016

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Motorlosari.com, Berita Seputar Otomotif, Cara Merawat AC Mobil - AC merupakan salah satu komponen yang paling penting pada mobil. Keberadaan AC sangat diperlukan untuk mendapatkan kenyamanan ketika berkendara, terutama pada saat udara panas. Pada dasarnya, terdapat beberapa masalah yang sering terjadi pada AC mobil, seperti AC mengeluarkan bau yang kurang sedap dan AC tidak dingin. Namun sebagian orang tidak menyadari akan hal tersebut.

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Namun pada dasarnya ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin, seperti adanya kebocoran pada  selang atau pipa AC, kerusakan pada evaporator dan kondensor, serta kerusakan pada komponen kompresor. Berbagai masalah yang terjadi pada AC mobil tersebut tentu sangat mengganggu bagi para pemilik mobil. Oleh karena itu, agar AC mobil dapat selalu bekerja secara optimal, maka perlu dilakukan perawatan.

Berikut ini adalah cara merawat AC mobil agar tetap awet dan selalu dalam kondisi yang baik:

1. Menjaga kebersihan kabin mobil dari kotoran dan debu, terutama pada karpet bagian depan.
2. Membuka kaca sebelum menyalakan AC.
3. Ketika sedang melakukan perjalanan jauh, sebaiknya matikan AC untuk beberapa saat, kemudian hidupkan kembali.
4. Ketika mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan kondensor AC dengan semprotan air kencang.
5. Tidak merokok di dalam mobil, ketika kondisi AC menyala.
6. Jika parkir, sebisa mungkin mencari tempat parkir yang teduh dan sejuk.
7. Selalu melakukan perawatan AC secara rutin.

Masalah AC mobil yang mengeluarkan bau kurang sedap biasanya  timbul karena penggunaan pengharum mobil yang kurang berkualitas, kotoran dan debu serta asap rokok yang menempel pada evaporator, sehingga menyebabkan bau apek dan kurang sedap. Sementara itu, AC mobil yang tidak dingin menjadi salah satu masalah yang paling sering muncul dan banyak dikeluhkan oleh para pemilik mobil. Sebagian orang mengira bahwa jika AC mobil tidak dingin, maka gas freon pada AC tersebut telah habis, sehingga mereka langsung melakukan pengisian ulang.

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon