Friday, June 3, 2016

Biaya balik nama BPKB mobil satu wilayah dan cara mengurusnya dengan contoh area kota pekalongan

Motorlosari.com - Bagi Anda yang mempunyai kendaraan, misalnya mobil, pastilah tiap tahunnya membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Namun jika Anda membeli mobil second atau bekas, Anda harus meminjam KTP pemilik mobil awal saat membayar pajak karena nama pemilik yang tertulis masihlah nama pemilik awal. Agar tidak meminjam KTP pemilik mobil awal terus menerus, Anda bisa melakukan balik nama.

Berikut adalah Biaya balik nama mobil satu wilayah dan cara mengurusnya

Cara balik nama BPKB

Apa saja prosedur dan berkas yang harus dibawa untuk mengurus?

Balik nama ini sebenarnya cukup mudah kok, jika Anda tahu prosedur dan berkas apa saja yang harus Anda bawa. Tetapi bagi sebagian orang, selain karena masalah biaya yang mahal, juga proses balik nama tersebut juga panjang. Namun daripada harus repot bolak-balik meminjam KTP pemilik mobil awal, lebih baik melakukan balik nama, toh nantinya nama pemiliknya secara sah akan berganti menjadi nama Anda. Lalu berapa biaya balik nama mobil? bagaimana sih cara mengurusnya? Hal itu akan saya berikan pandangan.

1. Biaya ada 2 macam, biaya pajak dan non pajak, Kronologi singkat Pertama siapkan 4 dokumen yaitu BPKB, STNK, KTP [pemilikbaru], Kwitansi pembelian semua asli. kemudian lanjut menuju SAMSAT [tirto] banyak calo abaikan saja langsung kebelakang kantor masuk keruang photo copy, serahkan semua dokumen ke tukang photo copy biaya Rp.2000.-lanjut menuju ke ruang cek fisik yang berada di depan pojok timur, serahkan map biru tunggu petugas memberikan stiker esek2, stelah mendapat stiker esek2 langsung cari bang Joni komandan esek2 biaya Rp.5000 saja, kemudian kembali keruang cek fisik lagi dan serahkan hasil esek2 kepada petugas. tunggu sampe selesai biaya Rp.40.000. beriku adalah gambar dari kantor samsat kota pekalongan.

Biaya balik nama BPKB mobil satu wilayah dan cara mengurusnya
Kantor samsat pekalongan 
Alamat Jl. Raya Tirto Pekalongan

2. Kemudian anda bisa lanjut lagi menuju POLWIL yang berlokasi di Jl. Diponegoro pekalongan kota, masuk saja keruang BPKB tapi sebelumnya lapor terlebih dahulu di pos penjagaan depan, sampai diruang BPKB serahkan dokumen map biru pada petugas ditunggu sampai selesai, biaya ganti BPKB 150.000, biasanya ada arahan dan pesan dari petugas.

Berapa lama untuk prosesnya?

Untuk BPKB jadi sekitar 6 bulan lamanya, Dari POLWIL kembali lagi ke bagian SAMSATA [tirto] langsung saja masuk kedalam serahkan dokumen map biru ke petugas paling depan selanjutnya ikuti arahan petugas tersebut dan tentunya nunggu dulu antrian, setelah semua pembayaran pajak selesai, biasanya cuma dapat surat keterangan pajak saja STNK nunggu 1 minggu, plat nomor bisa langsung diambil diruang belakang bersebelahan dengan photocopy. sudah selesai begitu saja caranya. dan untuk mengenai biaya tersebut adalah tanpa kwitansi atau diluar pajak.

tags: cara pengurusan surat-surat bermotor, cara mengurus perpanjangan bpkb motor area pekalongan, cara perpanjang surat kendaraan bermotor area pekalongan

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon