Sunday, February 26, 2017

4 Bagian Penting dalam Perawatan Sepeda Motor

Motorlosari.com, Sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang. Sepeda motor digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, mulai dari sarana untuk bekerja, berjualan, ke sekolah atau sekedar untuk jalan-jalan. Karena fungsinya yang sangat penting, sepeda motor memerlukan perawatan secara rutin agar selalu dalam kondisi baik dan tidak mogok pada waktu digunakan. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa komponen  yang harus diperhatikan dan memerlukan perawatan secara rutin agar motor bisa berfungsi secara maksimal.



Berikut adalah komponen-komponen tersebut :

1. Aki

Aki terbilang memiliki fungsi yang sangat penting, karena selain fungsinya untuk menyalakan sistem kelistrikan seperti lampu, menghidupkan mesin, tetapi juga berfungsi untuk mengaktifkan sistem pengapian. Untuk perawatannya, ada tiga cara agar aki motor bisa tetap awet. Pertama, dengan memperhatikan permukaan cairan aki yang harus berada di antara garis permukaan atas dan garis permukaan bawah (bila menggunakan aki basah), setidaknya periksa rutin selama dua bulan sekali. Kedua, hindari memodifikasi komponen  kelistrikan, karena bisa mengakibatkan daya listrik pada aki bisa cepat habis. Ketiga, utamakan kick starter dibandingkan starter electric pada saat menghidupkan mesin motor untuk pertama kali (biasanya pada pagi hari).

4 Bagian Penting dalam Perawatan Sepeda Motor


2. Rantai Motor

Tanpa rantai, sepeda motor tidak  akan bisa berjalan (kecuali motor matic) karena tidak menggunakan rantai. Untuk itulah diperlukan perawatan agar rantai sepeda motor tidak mengalami gangguan saat digunakan, seperti menimbulkan suara berisik, kotor, bahkan sampai putus di tengah jalan. Kesalahan yang kerap dilakukan pengendara adalah menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai, padahal oli bekas akan menyebabkan rantai  cepat rusak.
Maka dari itu, sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk rantai sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk mereduksi ekausan rantai karena adanya gesekan. Selain itu, penggunaan pelumas khusus pada rantai bisa membuat rantai terlihat bersih dan tahan lama.

4 Bagian Penting dalam Perawatan Sepeda Motor

3. Selang Bensin

Selang bensin terhubung langsung ke karburator, merupakan salah satu komponen motor yang juga harus diperhatikan. Jangan sampai kondisi selang bensin mengeras, karena jika selang bensin sudah tidak elastis lagi, maka akan mengakibatkan serbuk kotoran terbawa ke karburator, hal ini bisa menyebabkan penyumbatan suplai bensin dari tangki ke karburator. Risikonya sepeda motor akan mengalami gangguan sistem pembakaran, bahkan bisa mogok.

4 Bagian Penting dalam Perawatan Sepeda Motor


4. Kabel Koil dan Busi

Busi adalah komponen vital pada sepeda motor. Karena busi berfungsi untuk memercikan bunga api. Bila busi mengalami masalah dan gagal memercikan bunga api, maka mesin sepeda motorpun tidak bisa dinyalakan.  Perhatikan juga dengan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika kabel sudah lama dan terlihat ada retakan, bahkan  mengeras, sebaiknya segera di ganti. Bersihkan juga kerak yang terdapat pada kepala busi menggunakan sikat kawat agar busi bisa bekerja maksimal.

4 Bagian Penting dalam Perawatan Sepeda Motor

Demikian tadi adalah 4 bagian penting pada motor yang memerlukan perawatan secara rutin, semoga informasi tadi bermanfaat dan sampai jumpa lagi !


Tag : Perawatan Motor




Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon