Friday, February 3, 2017

CARA MERAWAT AKI MOTOR

Motorlosari.com, Aki merupakan bagian yang sangat penting pada sebuah kendaraan, karena apabila aki kendaraan anda rusak, maka fungsi kelistrikan seperti lampu utama, sent, klakson, starter dll tidak akan berjalan sempurna, maka dari itu penting sekali untuk mengetahui cara-cara perawatan aki secara baik dan benar. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trik agar aki motor anda bisa awet dan tahan lama.

Pertama-tama perlu anda ketahui ada 2 macam jenis aki :

1. Aki Basah, yaitu aki yang didalamnya terdapat cairan, yang biasa disebut dengan air aki. Biasanya aki jenis ini memiliki cover transparan, hal ini bertujuan agar cairan didalamnya bisa terlihat, dan memiliki beberapa tutup diatasnya.
Perawatan Aki basah

2. Aki Kering, yaitu aki yang tidak menggunakan air aki.
Perawatan aki kering

A. Tips merawat aki basah, ada beberapa  hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :

1. Anda harus secara rutin mengecek air aki (minimal 1 bulan sekali) untuk mengetahui kondisi air aki apakah masih cukup atau tidak.
2. Apabila air aki sudah berada dibawah garis low, maka segera tambahkan air aki hingga menyentuh garis high.
3. Usahakan posisi aki dalam keadaan datar di kendaraan anda.

B. Tips merawat aki kering

Untuk perawatan aki kering cenderung lebih mudah dan simple, karena anda tidak perlu mengecek ataupun mengisikan cairan aki ke dalamnya, yang perlu anda lakukan adalah langkah sebagai berikut :
1. Sebelum kendaraan anda gunakan pertama kali (biasanya pada pagi hari), gunaka starter manual/starter kaki, ayun 2-3 kali (posisi kunci kontak dalam keadaan off).
2. ON kan kunci kontak anda dan beri waktu jeda 3 detik sebelum kendaraan anda nyalakan, hal ini bertujuan agar aliran listrik sudah menyalur ke semua komponen.
Nah ... mudah bukan ? cara merawat aki agar bisa awet dan tahan lama ...
Semoga tips dari saya bisa bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba dan terimakasih !
tag : perawatan aki

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon