Thursday, February 23, 2017

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama

Motorlosari.com, Rantai merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kendaraan bermotor, rantai memiliki fungsi sebagai penghubung antara gear penggerak depan dengan gear belakang. Rantai sering kali mengalami kerusakan dan mudah sekali kotor, mulai dari masalah renggang, kotor karena oli, bahkan sampai rantai putus. Apabila ranstai motor bermasalah, maka akan mempengaruhi peforma motor itu sendiri, seperti tarikan menjadi kurang responsif, menimbulkan suara berisik dan dapat merusak gear pada roda. Maka dari itu penting sekali bagi para pemilik sepeda motor untuk mengetahui cara-cara merawat rantai motor supaya bisa awet dan tahan lama.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara dan tips merawat rantai motor secara mudah dan sudah terbukti efektif.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama


Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan :

1. Lumasi Rantai Motor Anda

Rantai motor yang kering dan kotor akan menyebabkan gear tergerus lebih cepat dan mengakibatkan gear lebih cepat habis/runcing. Dengan penggunaan pelumas pada rantai motor, dimaksudkan untuk mengurangi gesekan rantai terhadap gear, dan juga untuk menghilangkan suara gesekan yang mengganggu. Anda bisa mengunakan semprotan khusus rantai maupun oli yang masih baru untuk melumasi seluruh bagian rantai tersebut.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama


 2. Mengatur Tingkat Kerenggangan Rantai

Rantai yang terlalu tegang/kencang ataupun terlalu kendur , akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi rantai dan juga gearnya. Apabila rantai terlalu kencang, maka bisa mengakibatkan rantai tersebut putus, sebaliknya jika rantai terlalu kendur maka akan menimbulkan suara gesekan yang mengganggu dan bisa mengakibatkan rantai terlepas dari gearnya. Maka dari itu anda disarankan untuk menyetel tinggat kerenggangan rantai secara pas agar rantai dan gear bisa awet.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama


3. Bersihkan Rantai Secara Berkala

Apabila rantai sudah mulai kotor, lakukanlah langkah pembersihan dengan menggunakan semprotan khusus pembersih rantai, tapi bila tidak ada anda bisa menggunakan bensin sebagai alternatif, caranya dengan menggunakan kuas/sikat gigi bekas. Akan tetapi setelah rantai bersih dan sudah kering, selanjutnya rantai diberi pelumas secukupnya.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama


4. Potonglah Rantai Satu Kali Saja

Apabila anda terpaksa harus memotong rantai untuk memodifikasi, sebaiknya dilakukan hanya sekali saja, selain itu jangan pernah menyambung rantai yang sudah pernah dipotong, karena berisiko rantai akan mudah putus.

5. Gunakanlah Rantai dan Gear Yang Orisinil

Bila rantai dan gear memang sudah saatnya diganti, usahakan untuk mengganti dengan gear set yang orisinil, karena gear set imitasi kualitasnya kurang baik dan tidak tahan lama, maka dari itu gunakanlah spare parts yang orisinil meskipun harganya lebih mahal akan tetapi kualitasnya sudah terjamin.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Awet dan Tahan Lama


Beberapa tips dan cara merawat rantai motor yang sudah kami sampaikan diatas adalah cara yang sangat mudah untuk anda lakukan sendiri, dimana untuk melakukan perawatan tersebut juga tidak memerlukan waktu yang lama. Rawat selalu rantai motor anda agar saat digunakan berkendara terasa aman dan nyaman.
Demikian tips yang kami sampaikan untuk hari ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa nantikan tips-tips seputar dunia otomotif berikutnya hanya di www.Motorlosari.com sampai jumpa dan terimakasih !


Tag : perawatan motor 

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon