Tuesday, February 21, 2017

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Motorlosari.com, Panduan Online Perawatan Mobil Dan Motor, Bagi anda yang suka memodifikasi kendaraan khususnya roda dua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah chrome, yap dengan cara mengchrom maka tampilan motor anda akan terlihat bersih dan mengkilap. Akan tetapi motor yang sudah di chrome tentu saja memerlukan perawatan khusus, supaya chrome pada motor bisa bertahan lama dan tetap terlihat mengkilap.

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda sekaligus pantangannya.
Merawat krom sebenarnya bukan perkara susah. Hanya saja, banyak orang yang tidak mengetahui cara merawatnya. Salah kaprah apabila membersihkan chrome dengan menggunakan pembersih atau silikon layaknya memoles cat motor biasa. Padahal, bukannya membuat motor menjadi kinclong, yang ada malah justru krom menjadi buram karena lapisan luar kromnya tergerus.
Memang, sekarang ini di pasar onderdil banyak yang menjual obat poles khusus untuk chrome. Tapi kalau mau cara mudah dan ampuh, ada sedikit tips merawat lapisan krom pada motor anda supaya tidak perlu membeli obat poles, cukup dengan perlakuan halus untuk merawat krom, agar tetap awet dan tetap terlihat mengkilap untuk waktu yang lama.

Berikut ini bahan yang diperlukan dan cara perawatannya :

1. Pasta gigi putih tanpa gel
Merawat chrome bisa menggunakan pasta gigi putih tanpa gel. Jika menggunakan pasta gigi tanpa gel maka yang harus disiapakan adalah lap katun. Langkah-langkahnya adalah siapkan lap katun yang halus dan bersih, oleskan pasta gigi ke permukaan lap, kemudian lakukan pembersihan ke permukaan chrome. Butiran-butiran mikron pada pasta gigi secara otomatis akan membersihkan kotoran yang menempel dan menghaluskan permukaan chrome yang kusam. Lakukan sampai kotoran terangkat dan terakhir lap menggunakan lap yang bersih.

2. Tepung Kanji atau Bedak Bayi
Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu bagian yang sudah dilapisi chrome dengan menggunakan sabun cuci piring,  Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan chrome memakai bedak bayi atau kalau mencari di dapur  gunakan tepung kanji, karena bedak bayi dan tepung kanji sifatnya lebih halus dan tidak ada partikel yang bisa merusak lapisan chrome. Berbeda dengan cream poles yang bukan diperuntukkan untuk krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel kasarnya. Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah, dan  jangan lupa menggunakan kain lap halus dan bersih saat memoles chromnya.

3. Bubuk Magnesium
Bubuk magnesium bisa didapatkan di toko bahan kimia. Cara perawatannya sama dengan menggunakan bedak bayi dan tepung kanji tadi. Yaitu cukup dengan ditaburkan secara merata keseluruh permukaan yang ada di lapisan chrome, kemudian di lap dengan kain berbahan lembut dan bersih.

4. Cat Clear
Chrome bisa dirawat dengan cat clear. Jika komponen motor anda yang di krom sulit untuk di bersihkan misalnya seperti lengan ayun dan bagian yang bersela-sela, lebih baik anda mengeluarkan uang sedikit untuk membeli cat clear untuk di semprot pada komponen yang sulit di bersihkan tersebut. Karena logam juga mempunyai pori - pori seperti halnya kulit manusia, jika di tutup dengan clear, maka akan mengurangi menyelinapnya air asam yang mampu merusak lapisan pada chrome.

5. Sinar Matahari
Cara selanjutnya dalam merawat chrome adalah dengan di jemur dibawah sinar matahari. Sebelum di jemur, sebaiknya motor dicuci terlebih dulu dengan air sabun cuci piring lalu keringkan menggunakan kanebo. Setelah itu motor harus dijemur di bawah matahari, karena panas dari sinar matahari mampu mengeluarkan kadar air yang tersimpan dibalik lapisan chrome, sehingga chrome akan terlihat kinclong setelah di jemur.

6. Minyak Kayu Putih
Perawatan chrome yang selanjutnya dengan menggunakan minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih dapat dilakukan dengan cara menuangkan minyak kayu putih secukupnya  ke kain lap bersih lalu kemudian digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah permukaan chrome mengering, terakhir lakukan pengelapan dengan kain lap bersih.

7. Chrome polisher
Perawatan chrome yang selanjutnya dengan menggunakan produk buatan pabrik yaitu Chrome Polisher. Chrome Plisher harganya sekitar 60-rb/botol. Penggunaannya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan media penggosok kertas bekas, lalu tuangkan polisher ke kertas bekas tersebut, kemudian gosok secara merata pada lapisan krom yang kotor. Diamkan sampai beberapa saat hingga kering, dan terakhir lanjutkan pembersihan dengan menggunakan kain bersih.
Jika tadi kita telah membahas tentang bahan serta cara yang digunakan untuk membersihkan/mengkilapkan permukaan chrome, selanjutnya kita akan membahas hal-hal apa saja yang bisa merusak lapisan chrome itu sendiri.

Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari :

1. Jangan pernah mencuci dengan menggunakan deterjen. Efek dari bahan kimia yang terdapat pada sabun deterjen secara perlahan akan mengkikis lapisan chrome. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, maka warna chrome lambat laun akan memudar dan tidak kinclong lagi, namun apa bila anda ingin mencucinya memakai deterjen, maksimal hanya boleh dilakukan, sebulan sekali. Kemudian benda-benda pembersih yang mengandung bahan kimia seperti Metal Polish, Autosol atau Kit pun harus dihindari, kecuali memang produk tersebut diperuntukan untuk chrome.

2. Permukaan crhome usahakan jangan sampai terkena larutan dengan kadar asam yang tinggi. Larutan dengan kadar asam tinggi misalnya seperti air hujan, air laut, dan air aki. Saat motor terkena air hujan yang mengandung zat asam tinggi, segera bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan lap/canebo. Jika anda malas untuk mengkeringkan, sesekali tidak apa-apa, asal jangan sampai motor terkena air hujan kembali, karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan merusak dan merubah warna chrome. Dan bila anda memang tak sempat untuk langsung mencuci motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimalnya sampai 2 hari. Jika dibiarkan lebih dari batas waktu itu, maka warna chrome akan cepat rusak.

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Cara Mudah Dan Terbukti Ampuh Merawat Lapisan Chrome Pada Motor Anda

Nah bagaimana menurut anda ? sebenarnya untuk membersihkan crhome tidaklah sulit bukan, jika kita tau bagaimana cara merawatnya. Hanya perlu ketelatenan dan kesabaran saja agar chrome pada motor bisa tetap kinclong dan tahan lama.

Jangan lupa untuk membaca tips-tips seputar modifikasi motor dan cara perawatanya yang simpel tapi efektif hanya di www.Motorlosari.com dan sampai jumpa lagi !

tag perawatan motor

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon