Friday, February 24, 2017

Lima Cara Efektif Untuk Meningkatkan Tenaga Motor Matik

Motorlosari.com, Anda pengguna sepeda motor matik, namun kurang puas dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ? Anda tidak perlu bingung, karena pada kesempatan ini saya akan membagikan cara yang harus dilakukan supaya motor matic anda mampu melaju lebih kencang. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengubah setingan piston, perbesar ruang bakar, mengganti CDI, koil, noken as dan gunakan knalpot racing.




Lantas apa tujuan dengan mengganti beberapa komponen itu ? Apa pula pengaruhnya terhadap tenaga ? Berikut penjelasanya :

1. Ganti piston dengan diameter besar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbesar tingkat kompresi mesin, yaitu dengan cara mengganti piston dengan diameter yang lebih besar supaya rasio kompresi mesin naik. Namun, untuk motor skutik yang digunakan untuk keperluan harian ataupun turing peningkatan ruang bakar cukup 125 cc. Pasalnya, dengan tenaga sebesar itu bahan bakar tidak terlalu boros akan tetapi tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni.

2. Perbesar saluran ke ruang bakar

Memperbesar piston belumlah cukup jika tidak diimbangi dengan memperbesar saluran bahan bakar ke ruang bakar. Hal ini bertujuan agar proses semburan bahan bakar dari injektor/karburator ke ruang bakar agar semakin lancar.

3. Gunakan CDI  dan koil Racing

CDI atau singkatan dari Capasitor Discharge Ignition adalah komponen untuk  mengatur waktu meletikkan percikan api dari  busi yang kemudian membakar campuran bahan bakar yang  sudah  mampat akibat tenakan piston. Jadi, karena semburan bahan bakar lebih banyak dan tekanan piston makin kuat karena perubahan yang sudah dilakukan tadi, maka CDI juga harus ganti yang racing, sehingga dengan penggunaan CDI dan koil racing tenaga yang dihasilkan juga akan semakin bertambah sempurna.

4. Ganti noken as racing

Penggantian noken as dengan noken racing bertujuan  untuk meningkatkan akselerasi  kecepatan tertinggi, serta menambah torsi mesin. Noken as racing umumnya memiliki tonjolan lebih tinggi, sehingga proses buka tutup klepnya lebih sempurna. Dengan proses bukan tutup klep yang sempurna, maka semburan tenaga saat putaran mesin rendah bisa meningkat.

5. Sempurnakan dengan karburator dan knalpot racing

Beberapa ubahan di atas akan menghasilkan tenaga yang maksimal bila karburator dan knalpot juga diganti dengan yang racing. Pasalnya, dengan penggunaan piston yang lebih besar, kemudian saluran ke ruang bakar yang disempurnakan, serta CDI yang lebih bagus, tentunya juga membutuhkan sistem pengabutan bahan bakar yang sempurna. Sedangkan karburator merupakan piranti yang berfungsi menyemburkan kabut bahan bakar ke ruang bakar. Jika menggunakan karburator racing, maka semburan akan sempurna, karena lubang venturi pada karbu racing lebih besar dibanding yang standar.
Begitu pula dengan knalpot racing. Kanlpot model ini dirancang untuk memiliki tekanan balik gas sisa pembakaran dari ruang bakar yang lebih sempurna. Sehingga kehadirannya akan menyempurnakan proses keluarnya sisa hasil pembakaran.






Nah, demikian tadi adalah lima langkah yang harus dilakukan untuk meningkatkan tenaga sekuter matic yang anda punya, semoga informasi diatas bermanfaat, sampai jumpa lagi dan terimakasih !

tag : modifikasi motor

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon