Monday, February 20, 2017

Modifikasi Motor Honda CB 100

Motorlosari.com, Panduan Online Perawatan Mobil Dan Motor, Honda CB 100 di Indonesia memang tergolong motor yang sudah tua, akan tetapi penggemar jenis motor yang satu ini sangatlah banyak, bahkan sebagian besar dari mereka adalah dari golongan anak-anak muda, terdapat club-club motor CB 100 yang bertebaran di seluruh wilayah tanah air, bisa dibilang para pecinta motor CB 100 ini memiliki jiwa solidaritas yang tinggi terhadap sesama anggotanya, hal itulah yang sering mereka tunjukan dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan seperti touring bersama, acara baksos serta kegiatan ngumpul bareng yang rutin mereka selenggarakan. Tak heran, karena hal itulah yang membuat keberadaan motor CB 100 di Indonesia semakin eksis saja.

Modifikasi Motor Honda CB 100

Mungkin anda sering menjumpai motor CB 100 dijalanan yang mampu berlari dengan kencang, bahkan tidak kalah dengan motor keluaran baru, hal itu dikarenakan banyak sekali motor CB 100 di Indonesia yang sudah dimodifikasi, mulai dari sekedar tampilanya yang dirubah, sampai mengorek isi mesinya, maka dari itu jangan sekali-kali anda meremehkan motor yang satu ini bila anda menjumpainya di jalan.

Modifikasi Motor Honda CB 100


Bagi anda yang belum mengerti tentang modifikasi motor CB 100, kali ini saya akan membahas sedikit tips dasar untuk memodifikasi motor anda agar menjadi lebih enak saat dipakai di jalanan.
Modifikasi ringan/standart
Berikut ini adalah bagian-bagian motor CB 100 yang paling sering dilakukan modifikasi agar dapat meningkatkan performanya :
1.      Karburator
Biasanya untuk karburator menggunakan spuyer yang lebih besar, akan tetapi lebih baik bila memakai punya GLpro atau Tiger, atau yang punya Yamaha RX juga bisa dipergunakan, tapi anda harus membuat dudukan T nya terlebih dahulu.
2.      Pengapian
Untuk pecinta motor CB100 yang masih memakai platina lebih baik diganti dengan CDI milik Shogun, karena pengapianya yang lebih besar, dengan begitu motor akan lebih nyaman untuk  dipakai harian.
Untuk merubah dari platina ke CDI bisa dilakukan dengan 2 cara, yang pertama dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina. Hal ini  sebenarnya tidak dianjurkan, karena jarak pengapian yang terlalu pendek, dan juga pengapian bisa berubah-ubah/tidak stabil tergantung dari kelayakan noken AS, yang apa bila goyang maka pengapianya juga akan ikut berubah, cara yang kedua dengan menempelkan pulser di As Kruk, usahakan menggunakan pulser original, yang bagus sih punya Honda Tiger atau Kwak binter Joy.
Caranya yaitu potong plat besi seukuran 1x1,5 cm dengan tebal 2 mm kemudian las di as kruk bagian bawah, dan las juga / buat dudukan untuk pulsernya, jarak pulser dan plat tadi adalah 1,5 mm, lalu pemasangan CDI menurut kabel yang dipunya tiap CDI tersebut.
3.      Memperbesar Cc
Untuk memperbesar Cc , piston bisa diganti dengan CB125/GL125 dan untuk CB100 maksimum lebih baik memakai punya GL Pro, itu saja sudah sangat tipis. Yang pasti liner/boringnya juga harus diganti dengan yang lebih besar agar lebih aman. Untuk piston GLpro harus memotong blok mesin bagian bawahnya, berikutnya menambah stroke/langkah piston, ini bisa dilakukan dengan memindah pin setang secher/piston yang bawah lebih menjorok keluar dengan batas aman 4 mm.




Demikian adalah modifikasi ringan/standart yang biasa pecinta motor Cb 100 lakukan, semoga informasi tadi bisa memberikan inspirasi bagi anda, jangan lupa kunjungi website kami kembali untuk mengetahui informasi penting seputar dunia otomotif !

tag, modifikasi motor


Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon