Sunday, February 5, 2017

Modifikasi Motor Standart menjadi Motor Cross atau Trail

Motorlosari.com, Adventur menggunakan motor memang menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama teman-teman. Tak heran hobi ini sekarang sudah menjadi trend, khususnya buat para pecinta kendaraan roda dua, akan tetapi harga motor cross/trail asli buatan pabrikan tentunya tidak murah dan tidak semua orang mampu menjangkaunya, padahal hasrat untuk berpetualang sudah menggebu-nggebu.
Tapi untuk moto mania semua tidak perlu bingung lagi, karena sekarang ini sudah banyak sekali modifikasi yang dilakukan untuk membuat motor biasa menjadi motor cross/trail, tentunya dengan dana yang tidak terlalu besar. Moto mania hanya perlu merubah beberapa bagian dan menyesuaikan komponen-komponen tertentu agar motor moto mania semua terlihat layaknya motor cross/trail asli.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat motor biasa menjadi motor cross/traill. Pada dasarnya, sebelum membuat motor cross/trail moto mania semua harus tau terlebih dahulu konsep seperti yang akan dibuat di motor yang akan dimodifikasi, dengan begitu moto mania bisa tau bagian apa saja yang harus dipersiapkan dan mempunyai gambaran tentang seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan. Jangan sampai motor yang sudah setengah di modifikasi tidak bisa dirampungkan akibat kendala biaya yang terus membengkak akibat perencanaan yang kurang matang. Nanti yang ada malahan niat untuk berpetualang hanya akan menjadi impian belaka.
Penjelasan kali ini akan menerangkan bagian-bagian secara garis besar saja mengenai komponen-komponen yang harus ada pada sebuah motor cross/trail.
Berikut ini adalah komponen-komponen tersebut :

                                                     1. Chasis/Rangka Kendaraan

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail

Chasis/Rangka kendaraan merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan motor cross/trail, moto mania semua harus sesuaikan mesin motor yang akan dipakai dengan chasis/rangka kendaraanya agar pada waktu mesin akan dipasang bisa pas terhadap dudukan chasis/rangka tersebut.
         
                                                           2. Shockbeker

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail

Pastinya moto mania semua sudah tau kalo shockbeker pada motor cross/trail lebih tinggi dibandingkan dengan shockbeker pada motor biasa, supaya pada saat melewati medan yang terjal motor tetap masih bisa melaju dengan baik.

3. Roda

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail

Untuk penggunaan ban/roda usahakan memakai ban yang memang didesain untuk motor cross/trail seperti yang ada pada gambar diatas, hal ini bertujuan apabila motor melewati medan yang terjal roda tidak selip.

4. Body kitt

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail
Body kitt terdiri dari slebor, pelindung handle gas, pelindung body samping dll, yang bisa menunjang tampilan motor menjadi lebih garang.

Apabila komponen-komponen tadi sudah di rakit semua maka tentunya tampilan motor akan berubah layaknya sebuah motor cross/trail yang siap untuk dipakai berpetualang seperti gambar dibawah ini.

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail

Modifikasi motor standart menjadi motor cross/trail

Nah bagaimana moto mania, cukup simple kan ? semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi moto mania semua ..., salam my trip my adventure  ...

tag : Modifikasi Motor Cross




Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon