Friday, February 17, 2017

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet

Motorlosari.com, Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet
Perkembangan dunia otomotif memang  semakin canggih dan maju, tak terkecuali  di Indonesia. Para produsen otomotif  kini semakin memikirkan kenyamanan serta kemudahan pengoprasian dari kendaraan yang mereka buat. Dengan semakin ketatnya persaingan untuk mendapatkan konsumen, para produsen otomotif di Indonesia melakukan inovasi yang bertujuan agar produk yang mereka buat bisa lebih baik dan juga efisien. Contoh yang paling konkrit adalah dengan berubahnya penggunaan karburator ke sistem injeksi, sekarang ini mayoritas pabrikan sepeda motor di Indonesia hanya memproduksi motor dengan sistim injeksi, alasanya mulai dari penggunaan bahan bakar yang lebih irit, perawatan yang lebih mudah, dan penyempotan bahan bakar yang lebih sempurna.

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet

Sebagai pengguna kendaraan roda dua tentunya kita harus mengetahui cara merawat motor kita agar selalu dalam kondisi yang baik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet khusus untuk anda. Sebenarnya untuk perawatan motor dengan karburator maupun dengan sistim injeksi tidak jauh berbeda. Kalaupun ada perbedaanya, hanya pada bagian-bagian tertentu saja yang harus mendapatkan perhatian khusus. Pada intinya tujuan perawatan ini adalah untuk menjaga agar kinerja motor dengan sistem injeksi tetap dalam kondisi prima, selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada bagian injeksinya.
Merawat motor injeksi
Bagi pemilik sepeda motor khususnya yang menggunakan sistim injeksi jika motor telah menempuh jarak 2.000 km,  sebenarnya ada beberapa komponen yang seharusnya di ganti agar motor tetap prima. Jika pemilik motor tersebut malas melakukan perawatan, maka masalah yang akan timbul adalah motor tidak akan bekerja dengan maksimal dan juga boros bahan bakar. Injektor memiliki fungsi yaitu menyemprotkan campuran bahan bakar dengan tekanan tinggi ke dalam ruang bakar yang takaran dan waktunya diatur oleh perangkat yang disebut Electronic Control Unit (ECU). Komponen tersebut selain berperan penting pada saat proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin, juga sangat menentukan boros tidaknya komsumsi bahan bakar yang digunakan pada sebuah motor injeksi.

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet

Komponen yang harus rutin di periksa
1.      Selang Injeksi
Bila Selang kotor ataupun bocor maka kinerja injektor tidak akan maksimal. Oleh karena itu selang harus selalu di periksa, apalagi setelah motor menempuh jarak 2000 km/lebih.
2.      Pompa Bahan Bakar.
Jika anda mempunyai motor yang menggunakan sistem injeksi dan telah menempuh jarak lebih dari 50.000 km atau kelipatanya, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar.
3.      Klep Injektor.
Meskipun waktu dan tekanan ke klep di atur oleh komponen yang dinamakan dengan ECU ( yang sudah di program oleh pabrikan ). Namun ,tak jarang posisi klep bisa mengalami perubahan karena berbagai faktor penyebab. Oleh karena itu ,agar kinerja injektor bisa maksimal , maka pastikan klep injektor berada di posisi yang tepat , artinya tidak terlalu renggang dan juga tidak terlalu rapat.
4.      Filter Udara.
Filter udara sangat berpengaruh didalam proses pembakaran, bila filter udara kotor, maka segera bersihkan,  namun  apabila sel sel kertas telah sangat kotor atau rusak lebih baik segera ganti dengan yang baru, perlu anda ketahui, filter yang rusak atau kotor akan menyebabkan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat. Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan juga bahan bakar.
5.      ECU
ECU atau singkatan dari Electronic Control Unit adalah otak yang mengatur unit injektor , baik untuk takaran bahan bakar yang akan di semprotkan maupun yang mengatur buka tutup klep injektor. Sehingga bila komponen ini terganggu maka akan menyebabkan kinerja injektor tidak akan berjalan baik, misalnya  semburan bahan bakar yang tidak sesuai dengan takaran. Bila tingkat kerusakan yang terdapat pada komponen ECU sudah parah, maka kendaraan tidak akan bisa dijalankan/mogok. Biasanya kerusakan yang terjadi pada ECU diakibatkan beberapa faktor, diantaranya gangguan kelistrikan karena over suppley, voltase sumber kelistrikan rendah, serta korsleting dan sebagainya.
Nah ..., demikian adalah Tips Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima dan Awet, semoga informasi tadi bisa bermanfaat. 

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon