Thursday, March 9, 2017

Cara Ampuh Memperbaiki Shock Breaker Depan yang Keras agar Empuk dan Nyaman

Motorlosari.com, Shock absorber atau yang lebih dikenal dengan Shock breaker adalah salah satu komponen sepeda motor yang berfungsi untuk mengurangi daya kejut yang diakibatkan dari permukaan jalan yang tidak rata. Maka dari itu peran dari shock braker sangatlah penting pada sebuah kendaraan bermotor. Bayangkan saja, tanpa adanya shock breaker pada motor, pastinya motor menjadi tidak nyaman saat dikendarai bila melewati jalan yang tidak rata.


Cara Ampuh Memperbaiki Shock Depan yang Keras agar Empuk dan Nyaman


Akan tetapi, pada kenyataanya, shock breaker sering kali mengalami kerusakan, seperti kebocoran oli, atau gangguan yang sering dialami yaitu shock breaker yang terasa keras. Biasanya kerusakan/gangguan pada shock breaker, khususnya shock breaker depan diakibatkan karena hal-hal dibawah ini.

Berikut ini penyebab kerusakan/gangguan shock breaker depan, beserta cara untuk mengatasinya :

1. Oli Shock Breaker Terlalu Kental

Oli shock breaker yang terlalu kental akan mengakibatkan pergerakan per shoc breaker  menjadi terlalu berat, sehingga shock breaker menjadi terasa lebih keras.

Cara Memperbaikinya :
Untuk mengatasi oli yang sudah kental, akibat penggunaan yang sudah lama, tidak ada cara lain selain dengan mengganti minyak/oli shock breaker tersebut dengan yang baru. Dengan catatan, pada saat akan mengganti oli dengan yang baru, pastikan kuras terlebih dahulu tabung silinder sampai benar-benar bersih.

2. Kapasitas Oli Shock Breaker Tidak Sesuai

Shock breaker depan sepeda motor akan bekerja sempurna apabila kapasitas oli sesuai dengan volume standar tabung. Bila oli yang masuk ke tabung melebihi takaran standarnya, maka shock breaker akan menjadi keras. Dan sebaliknya jika kapasita oli tersebut kurang maka akan menyebabkan shock breaker menjadi terlalu empuk.

Cara Memperbaikinya :
Pada saat akan mengganti oli dan memasukanya ke tabung, sebaiknya gunakanlah takaran oli, kemudian masukan oli sesuai takaran yang tepat, anda bisa melihat petunjuknya di bungkus oli yang baru. Kemudian cek kembali apakah tingkat keempukan shock sudah pas menurut Anda.


Cara Ampuh Memperbaiki Shock Depan yang Keras agar Empuk dan Nyaman


3. Garpu Shock Breaker Bengkok

Apabila garpu shock breaker bengkok, maka akan menyebabkan pergerakan shock breaker  tersebut menjadi terganggu, saat masuk/naik turun di dalam tabung suspensi tidak mampu untuk mnyerap getaran dan kejutan dengan baik.

Cara Memperbaikinya :
Untuk memperbaikinya yaitu dengan mengepres garpu suspensi tersebut di bengkel shock breaker agar menjadi lurus kembali, apabila kerusakanya terlalu parah, maka lebih baik ganti dengan yang baru agar lebih aman.


Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki shock breaker depan yang keras agar menjadi empuk dan nyaman. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait shock breaker depan pada kendaraan bermotor.
Terimakasih dan sampai jumpa lagi !

 Tag perawatan motor


Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon