Tuesday, March 14, 2017

Cara Ampuh Mengatasi Motor Injeksi Yang Rusak/Mogok

Motorlosari.com,

Sekarang ini, semua pabrikan otomotif khususnya sepeda motor di Indonesia, memproduksi motor dengan sistim injeksi. Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan karburatorpun telah digantikan denga injektor/injeksi. Meskipun memiliki fungsi yang sama, injektor digadang-gadang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan karburator. Diantaranya mampu menyemprotkan campuran bahan bakar lebih sempurna, konsumsi bahan bakar yang lebih irit, hingga perawatanya yang lebih mudah. Akan tetapi sistim injeksi ini juga masih memiliki kekurangan, yaitu komponen injektor yang menggunakan perangkat elektronik sehingga tidak semua orang tau cara memperbaikinya bila terjadi kerusakan.




Maka dari itu, bila motor injeksi anda mogok/mengalami kerusakan pada komponen injektornya, jangan sekali-kali anda membongkar dan memperbaikinya sendiri tanpa menguasai ilmunya. Karena bila terjadi kesalahan dalam sistem elektroniknya, kerusakan justru bisa bertambah parah, akan lebih baik jika anda membawanya ke bengkel. Akan tetapi ada beberapa komponen yang bisa anda periksa sendiri bila motor injeksi anda tiba-tiba mogok atau mengalami kerusakan.

Berikut ini penjelasanya,
Cara mengatasi motor injeksi yang mogok/rusak :

1. Periksa Busi
Caranya adalah lepas busi terlebih dahulu menggunakan kunci busi, kemudian lihat apakah masih bersih atau tidak, cek pengapian dengan cara menstarter dengan busi ditempelkan pada besi lain bila tidak ada percikan api, berarti busi sudah rusak atau memiliki masalah pada komponen kelistrikan lain.

2. Cek Aki
Aki pada motor injeksi memiliki peran yang sangat penting, karena bila daya aki lemah maka pada sistim injeksi tidak dapat bekerja dengan maksimal bahkan bisa mengalami mogok. Maka dari itu, periksalah secara rutin kondisi aki pada motor injeksi anda.

3. Cek Fuel Pump / Pompa Bensin
Untuk mengecek apakah fuel pump masih bagus atau tidak, caranya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi on, kemudian dengarkan apakah terdengar suara atau tidak. Bila terdengar suara dari tangki, itu berarti fuel pump masih dalam kondisi bagus, dan sebaliknya. Kemudian periksa kondisinya apakah ada kotoran yang menyumbat atau tidak, bila kotor segeralah bersihkan, kerena hal itu bisa menyebabkan mogok.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi motor injeksi yang mogok/rusak untuk hari ini, semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Tag : perawatan motor

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon