Wednesday, March 8, 2017

Cara Mengatasi Baut yang Patah pada Sepeda Motor

Motorlosari.com, Masalah pada sepeda motor memang bermacam-macam jenisnya, mulai dari kerusakan mesin, masalah pada sistem kelistrikan, kerusakan body, bahkan sampai masalah baut yang patah, saya sendiri pernah mengalaminya dua kali. Biasanya, baut yang patah disebabkan karena tiga hal, yaitu usia motor yang sudah tua sehingga baut mulai rapuh, menggunakan kunci yang tidak seharusnya, atau melepas baut pada saat kondisi mesin masih panas. Mungkin bagi Anda, baut yang patah terdengar sepele, tapi jangan salah, dari hal yang sepele tersebut ternyata bisa berdampak besar bagi performa motor Anda.

Cara Mengatasi Baut yang Patah pada Sepeda Motor


Dulu salah satu baut pengikat knalpot dengan silinder saya patah, sehingga knalpot menjadi agak renggang, akibatnya gas sisa hasil pembakaran yang seharusnya keluar melalui knalpot, sebagian ada yang keluar melalui celah tersebut, hal ini menyebabkan tenaga motor saya  menjadi berkurang dan suara motorpun berubah. Awalnya saya mengira baut yang patah tidak bisa diperbaiki, karena sebagian potongan baut masih tertinggal didalam dan tidak bisa diambil. Tapi setelah saya konsultasikan dengan salah satu bengkel di semarang, ternyata ada cara untuk mengatasi masalah tersebut, sayapun kemudian melakukan saran yang diberikan oleh bengkel tersebut.

Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan untuk mengatasi masalah baut yang patah :

1. Mengebor Bagian yang Patah

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari bengkel bor, karena tidak semua bengkel bisa melakukan pengeboran. Pengeboran dilakukan untuk menghilangkan sisa baut yang patah yang masih tertinggal didalam, hal ini adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa potongan baut yang patah. Setelah dilakukan pengeboran, hasil yang terlihat adalah terdapat lubang yang masih polos dan belum bisa dipasangi baut yang baru.

2. Membuat Drat pada Lubang Hasil Bor

Agar lubang hasil pengeboran tadi bisa dipasangi baut yang baru, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah membuat drat. Carilah bengkel yang melayani pembuatan drat, karena tidak semua bengkel bisa melakukan hal ini. Membuat drat, dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Perlu Anda ketahui, biasanya bila baut yang patah dan sudah mengalami perbaikan, maka ukuran baut yang baru, ukuranya akan lebih besar dari ukuran baut semula yang patah. Hal ini disebabkan pengeboran yang dilakukan tadi memperbesar lubang bautnya, dalam kasus saya dulu, ukuran baut semula adalah 10, setelah dilakukan perbaikan menjadi berukuran 11. Tapi hal itu tidak menjadi masalah, karena tidak berpengaruh apa-apa.

Cara Mengatasi Baut yang Patah pada Sepeda Motor





Demikianlah cara untuk mengatasi baut yang patah yang bisa saya bagikan untuk Anda hari ini, semoga informasi tadi bermanfaat, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon