Monday, March 6, 2017

Cara Perawatan dan Penggunaan Kopling yang Baik dan Benar agar Awet dan Tahan Lama

Motorlosari.com, Kopling merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor. Fungsi kopling adalah untuk membebaskan daya pada saat melakukan perpindahan gigi porsneling. Maka dari itu, bila kopling mengalami masalah, pastinya motor tidak akan bisa melaju dengan lancar. Ada dua faktor yang menyebabkan kopling bisa rusak, 1). Akibat penggunaan yang salah, 2). Usia kopling yang sudah tua.

Cara Perawatan dan Penggunaan Kopling yang Baik dan Benar agar Awet dan Tahan Lama

Komponen Kopling
Kopling terbagi dari sejumlah komponen yang masing-masing memiliki fungsi saling mendukung untuk optimalisasi kinerja kopling. Komponen tersebut terdiri dari pelat/piringan kopling (clutch disc), roda gila (flywheel), matahari (cover clutch), dan leher kopling (release bearing).

Prinsip Kerja Kopling
Saat handle kopling ditekan, hubungan antara mesin dengan sistem penggerak (transmisi) akan terputus karena roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling (clutch plate) tidak saling bersinggungan. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak dapat diteruskan ke komponen penggerak. Saat handle kopling dilepas, maka putaran mesin akan kembali menggerakkan transmisi dan komponen penggerak lainya.

Masalah umum yang biasa terjadi pada kopling
1)      Kopling selip.
2)      Kopling Terasa Berat.
3)      Kopling.

Penggunaan Kopling yang salah

Tanpa kita sadari, biasanya kita meletakkan kaki di atas pedal porsneling/kopling (motor bebek) selama kendaraan berjalan. Hal ini bisa menyebabkan keausan pada release bearing dan pelat/piringan kopling.
Menahan setengah kopling saat macet di jalan menanjak. Hal ini dapat mengakibatkan mesin cepat panas, selain itu fungsi karet penahan mesin (engine mounting) juga bisa terganggu. Maka dari itu, sebaiknya gunakan rem tangan untuk menahan kendaraan ketika macet di jalan menanjak.
Menekan dan melepas kopling secara kasar. Hal ini menyebabkan sentuhan pelat/piringan kopling terhadap roda gila (flywheel) terasa lebih keras, hal ini akan mempercepat keausan pada komponen kopling.

Penggunaan Kopling yang benar

Jika menginjak/menekan kopling, maka tekanlah pedal kopling sepenuhnya. Tujuannya agar roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling (clutch plate) dapat terpisah sempurna, sehingga perpindahan gigi porsneling bisa berjalan dengan lancar.
Saat menekan/melepas handle kopling, lakukan dengan halus, agar plat kopling dan roda gila (flywheel) berputar secara teratur.

Tips Merawat Kopling

Lakukanlah pengecekan terhadap kopling secara rutin. Gunakan selalu gigi satu  pada saat start awal kendaraan, karena jika menggunakan gigi di atasnya, kopling akan terbebani secara berlebihan dan bisa mempercepat keausan. Akan lebih baik jika menetralkan gigi transmisi pada waktu berhenti, misalkan saat berada di lampu merah.

Cara Perawatan dan Penggunaan Kopling yang Baik dan Benar agar Awet dan Tahan Lama


Demikian pembahasan mengenai Cara Perawatan dan Penggunaan Kopling yang Baik dan Benar agar Awet dan Tahan Lama, semoga tulisan diatas bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih !

Tag : Perawatan Motor



Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon