Wednesday, April 26, 2017

5 Langkah Perawatan Kendaraan Bermotor untuk persiapan Mudik Lebaran

Motorlosari.com - Bagi pemilik sepeda motor, pasti mengharapkan sepeda motornya awet dan selalu dalam kondisi prima. Agar hal itu bisa terwujud, tentu tidak terlepas dari faktor perawatan yang benar dan juga teratur. mudik lebaran merupakan agenda tahunan yang tidak mungkin kita lewatkan, karena disaat itulah kita pulang kampung dan bertemu dengan sodara-sodara kita. jadi untuk melakukan perjalanan mudik yang jauh dibutuhkan kendaraan yang prima dan perawatan jauh-jauh hari sebelum hari-H

Selain dari faktor kebiasaan2 yang salah dalam perawatan, namun cara mengendarai sepeda motor juga mempengaruhi kondisi sepeda motor Anda. Untuk menjaga kondisi sepeda motor agar dalam kondisi baik dan awet

Beberapa 5 langkah perawatan motor untuk persiapan Mudik Lebaran

1. Mencermati tanda-tanda kerusakan yang terjadi pada mesin dengan cara selalu melakukan servis atau pengecekan pada bengkel resmi. kerusakan bisa muncul sewaktu-waktu. baik dari kondisi mesin atau pada bagian komponen sepeda motor seperti shock atau kondisi ban. jadi untuk lebih mantap dalam berkendara saat perjalanan mudik nantinya.

2. Apabila terdeteksi ada kerusakan, segeralah lakukan langkah perbaikan pada bagian yang rusak tersebut. karena untuk perjalanan jauh saat mudik lebaran di kampung halaman yang tentunya menempuh jarak ratusan kilometer, maka jangan biarakan jika jauh-jauh hari ada rasa tidak nyaman pada motor, misalnya terdengar suara2 aneh pada mesin.



3. Tidak usah ragu untuk melakukan perbaikan sendiri pada kerusakan yang ringan dan dapat Anda lakukan sendiri. biasakan untuk belajar mengenali mesin motor anda sendiri, untuk lebih dekat dengan motor anda, bisa melakukan beberapa hal yang ringan-ringan seperti mengganti busi atau membersihkan karburator dengan cleaner, karena dengan bisa memperbaiki atau minimal merawat, maka anda bisa lebih cermat dalam merasakan motor anda jikalau terjadi sedikit kerusakan dijalan pada saat mudik lebaran.

4. Biasakan memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan untuk pertama kali (pada pagi hari).

5. Berkendaralah secara baik dan benar, jangan memaksakan kerja mesin, dan gunakan gigi persneling sesuai kondisi jalan yang dilalui (bagi motor 4-tak manual).
Perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi sepeda motor agar tetap dalam kondisi baik, adalah dengan melakukan tindakan seperti pelumasan, penyetelan, dan perbaikan secara rutin. dengan berkendara yang baik dan benar maka anda akan selamat samapai tujuan pada saat mudik lebaran nanti, dan tentunya tidak membahayakan pengendara lainya.

tags: perawatan motor

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon