Thursday, April 19, 2018

Cara jitu dan ampuh untuk mengatasi bunyi klotok-klotok pada mesin Honda CB150R maupun CBR

Sejak pertama kali lahir, generasi mesin Honda CB150R didera isu tidak sedap , yaitu munculnya suara klotok-klotok pada sebagian produknya. Hanya sebagian, bukan keseluruhan. Honda CB150R lahir dengan menggunakan mesin baru buatan PT. Astra Honda Motor, yaitu mesin dengan spesifikasi DOHC, 4 tak, 6 speed, dan berpendingin cairan. Uniknya mesin CB150R menggunakan mesin DOHC yang disebut sebagai near square dengan ukuran bore x stroke 57.3 x 57.8 mm. Yang sedangkan pada DOHC Suzuki Satria 150 merupakan mesin DOHC yang overbore dengan bore x stroke 62 x 48.8 mm.

cara mengatasi bunyi klotok-klotok pada new cb150r


Generasi mesin CB150R selain digunakan pada New CB150R juga digunakan pada CBR150R, Sonic 150, dan bebek Supra GTR 150. Dari beberapa kasus, seiring pemakaian, beberapa mesin tersebut dijangkiti penyakit yang berupa bunyi klotok-klotok. Sebagian kasus terselesaikan dengan cara klaim ke bengkel resmi Honda karena memang termasuk dalam garansi, namun sebagian lagi memilih untuk mendandaninya sendiri dengan mekanik kepercayaan, karena proses klaim tidaklah mudah, kadang berbelit-belit.

Suara klotok-klotok yang muncul pada generasi mesin DOHC CB150R diduga berasal dari komponen LAT atau Lifter Assy Tensioner yang lemah. Untuk itu perlu dilakukan penggantian pada komponen ini. Komponen LAT genuine part untuk New CB150R dibanderol dengan harga Rp 305.000. Namun ternyata komponen ini bisa diakali dengan menggantinya dengan komponen LAT milik Honda Karisma 125 yang lebih murah harganya, dan pilihan merk versi KW nya juga banyak, konon katanya per pada komponen LAT versi KW memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan komponen aslinya.

tersioner asli honda cb150r-klotok klotok

(LAT merk KGW milik Karisma 125)

Salah satu komponen LAT milik Karisma 125 versi KW yang recommended adalah merk KGW, selain kualitasnya bagus harganya juga murah. Komponen ini bisa ditebus dengan harga hanya Rp 35.000 saja. Komponen LAT Karisma 125 ini identik dengan komponen LAT pada New CB150R, jadi komponen ini memang cocok untuk dipasangkan pada mesin New CB150R.

cara mengatasi bunyi klotok-klotok cbr

(LAT All New Cb150R telah dilepas)

Untuk memasang LAT Karisma 125 pada mesin New CB150R, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melepas LAT yang terpasang pada mesin New CB150R. Gunakan cara yang benar untuk melepasnya, yakni pertama baut pada sisi tengah dilepas terlebih dahulu, setelah setelan LAT terlihat, gunakan obeng min untuk memutar setelan LAT, putar hingga mentok ke sisi kanan. Ketika sudah mentok, putar lagi hingga kerasa “klik” atau mengunci. Setelah itu langkah selanjutnya melepas dua baut yang digunakan untuk menempelkan LAT pada blok mesin. Cara ini cukup aman dan dapat menghindarkan dari resiko mesin “gancet” karena klep menabrak piston, yang akibatnya motor tidak dapat dihidupkan.

tersioner-cbr


(Komponen LAT setelah dibongkar)
“Selamat sore mase,, sesuai janjiku, kali ini aku mau sekedar sharing soal penggantian lifter assy tensioner (LAT) di motor cb150r saya.. sampe sekarang udah 1 minggu lebih (pasang tgl 28 maret 2017) dan suara klotok alhamdulillah belum balik lagi.. kebetulan LAT yang saya pilih merk KGW, harganya cuma 35rb, yang sejatinya utk honda kharisma 125, tapi ukuran identik.. oh iya kebetulan di motor saya gk semua bagian LAT diganti, cuma bagian dalam (per, sama daging nya) walau sebenarnya ganti semua tidak masalah.. untuk biaya pemasangan karena sama mekanik yang kebetulan tak kenal jadi ongkos pasang cuma 20rb (kebetulan waktu itu sekalian setel rantai, dan cek beberapa part) jadi total biaya cuma 55rb.. mungkin cuma itu yang bisa saya share, maaf kalo bahasanya berantakan.

Selain merk KGW, di toko spare part sebenarnya terdapat banyak merk LAT milik Karisma 125 yang dapat dipilih dengan variasi harga yang bahkan ada yang hanya berharga Rp 25.000. Namun yang recommended adalah merk KGW ini. Sedangkan harga LAT versi genuine part milik Karisma 125 di AHASS dijual dengan harga Rp 260.000, cukup mahal. Nah, selamat mendandani CB150R agar kembali nyaman dan hilang suara klotok-klotoknya.

Artikel Terkait

>>> Simple Rules <<<
> Jangan TinggalKan Link Aktif
> Jangan Tinggalkan Link Non Aktif
> Berkomentarlah Sesuai Judul Artikel
EmoticonEmoticon